Indonesian Hydration Working Group (IHWG) dibawah kepemimpinan Dr. dr. Budi Wiweko, Sp.OG(K) periode 2015/2019 punya tiga program prioritas.

Ketiga program tersebut, yakni, pertama, Advancing in Hydration Science. “Kami akan melakukan kajian-kajian secara mendalam mengenai hidrasi dan nutrisi.”

Kedua, Sharing Hydration Knowledge. Tetkait hal ini. IHWG akan mensosialisasikan pengetahuan-pengetahuan mengenai hidrasi dan nutrisi kepada masyarakat umum.

“Misalkan bagaimana hidrasi yang baik disaat bulan puasa, hidrasi yang baik untuk jemaah haji dan umroh, hidrasi yang baik untuk ibu hamil dan anak-anak,” terang dr. Budi.

Terakhir, dr. Budi bilang, IHWG akan bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan untuk mencoba membantu mensosialisasikan bagaimana air minum yang baik, kualitas air minum yang bersih dan sehat.

“Dengan demikian masyarakat juga mampu menjaga nutrisi dan kesehatannya. Jadi tiga hal inilah yang menjadi program prioritas kami lima tahun ke depan,” jelasnya.

IHWG dalam pelaksanaan ketiga program prioritas tersebut akan menargetkan kepada ibu hamil, anak, remaja, dewasa, dan orang tua. “Jadi konsepnya mulai dari rahim sampai liang kubur. Healthy hydration,” tandasnya.

Selain bekerjasama dengan Kementerikan Kesehatan, IHWG juga akan berkolaborasi dengan pemerintah daerah (pemda). Beberapa diantaranya adalah Pemda DKI Jakarta dan Pemda Nusa Tengara Timur (NTT).

“Di NTT kami akan melakukan kagiatan di Nangapanda, Flores, dan di Sumba Barat Daya. Kami akan melakukan penelitian, kajian-kajian, dan edukasi, terutama karena infeksi kecacingan yang biasanya sangat tinggi di daerah-daerah yang sumber airnya jelek,” terang dr. Budi.

IHWG diluncurkan di Universitas Indonesia pada Oktober 2012 lalu. IHWG merupakan pusat hidrasi pertama di Indonesia yang dalam pendiriannya melibatkan dokter spesialis gizi, dokter, pakar gizi, dan dokter spesialis klinik seperti dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis anak, dokter spesialis kandungan dan lainnya. (pio)