Selasa, 7 November 2017 lalu, IHWG (Indonesian Hydration Working Group) dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) menggelar kegiatan Master Class. Kegiatan ini menghadirkan pakar internasional yang membawakan topik Water Metabolism & Hydration Assessment, Fluid Intake, Hydration and Kidney Function.

Peserta yang turut hadir sebagian besar terdiri dari mahasiswa S2,S3 dan PPDS FK UI. Salah satu output dari kegiatan ini yaitu lomba menulis artikel dengan topik “Pentingnya Hidrasi Sehat Sebagai Upaya Preventif untuk Hidup Sehat”.

Ada 13 peserta yang ikut serta dalam lomba ini yang sebagaian besar merupakan mahasiswa S2 Gizi Klinik dan Komunitas. Penilaian dilakukan oleh tiga juri (dr. Diana Sunardi, M.Gizi, Sp.GK , dr. Shanty Olivia F.J, Sp.OG sebagai Research and Scientific IHWG serta dr. Tria Rosemiarti dari Danone) meliputi sistematika penulisan, konten dan referensi yang digunakan. Pada tanggal 14 Februari 2018 kemarin, terpilih lima pemenang sebagai berikut:

8/3/2017 Pengumuman Pemenang IHWG’s Writing Competition di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta

  • Juara 1 : dr. Evania Astella Setiawan dengan judul artikel “Segelas Air untuk Anak Cemerlang”
  • Juara 2 : dr. Davrina Rianda dengan judul artikel “Menyibak Potensi Air untuk Mencegah Resistensi Insulin”
  • Juara 3 : Ahmad Thohir Hidayat, S.Gz, M.Gizi dengan judul artikel Cegah Demensia dengan Hidrasi Sehat
  • Juara 4 : dr. Katya Saphira dengan judul artikel “Air dan Kualitas Suara” dan dr. Fenny dengan judul artikel “Hidrasi Sehat Pada Anak”

Pada tanggal 8 Maret 2018, kelima pemenang kami undang dalam rangka pembagian hadiah berupa uang tunai ke acara Seminar Nasional World Kidney Day 2018 “Air Bagi Kesehatan; Upaya Peningkatan Promotif Preventif bagi Kesehatan Ginjal di Indonesia” di Ritz Carlton, Mega Kuningan Jakarta. Acara ini diselenggarakan dengan dukungan oleh IHWG dengan PT. Tirta Investama (Danone AQUA) dan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI).

Kami mengucapkan terimakasih atas partisipasi dari peserta dan selamat kepada lima pemenang. Semoga ilmu yang diperoleh dari kegiatan Master Class bermanfaat untuk diri peserta  dan pembaca artikel.

*Artikel yang menjadi pemenang dan peserta yang turut serta dalam lomba ini akan kami publish setiap minggunya di website ini.