Pada awal November lalu, IHWG turut serta berpartisipasi dalam perhelatan urologi tahunan terbesar se-Indonesia, 41st Annual Scientific Meeting of Indonesian Urological Association (ASMIUA) 2018. Acara ini mengambil tema Into the Future of Urological Advancement yang mana berlangsung selama 4 hari dari tanggal 31 Oktober sampai dengan 3 November 2018 bertempat di Hotel Pangeran Beach, Padang. Acara ini tidak hanya dihadiri 250 urolog namun juga oleh 150 dokter umum dari seluruh Indonesia. Sesuai dengan tujuan utama acara ini untuk mempertemukan semua pesertanya untuk saling berdiskusi dan memperbaharui ilmu/keterampilan, para peserta disuguhi oleh beragam workshop dan kuliah topik seputar kelainan dan penanganan terbaru di bidang urologi selama 3 hari penuh (31 Oktober – 2 November 2018).

Namun ada yang berbeda dengan ASMIUA tahun ini dimana ASMIUA tidak hanya diisi oleh kegiatan ilmiah. Pada tanggal 3 November 2018, panitia berinovasi bersama dengan Indonesian Hydration Working Group (IHWG) untuk mendorong para peserta ASMIUA untuk turun langsung ke masyarakat sekitar dan memberikan edukasi  mengenai pentingnya minum air dalam acara yang dinamakan Urology Community Awareness Outreach (UROCARE). Dalam acara ini, sebanyak 200 peserta yang terdiri dari urolog dan dokter umum telah bersiap-siap dari pagi buta dibelakang hotel untuk dapat memulai acara. Para peserta diberikan pilihan untuk bergabung dalam kegiatan lari dan jalan sehat. Tepat pada 07.00 WIB, seluruh peserta meninggalkan garis start dan melalui rute-rute yang sudah ditentukan sebelumnya. Namun berbeda pada kegiatan lari dan jalan sehat pada umumnya, terdapat titik-titik yang memungkinkan untuk para perserta UROCARE memberikan selebaran edukasi dalam bentuk kipas dan sebotol air mineral.

Acara ini cukup menarik perhatian masyarakat sekitar dan mendapat antusiasme yang baik dari para pesertanya maupun masyarakat. Tidak hanya aktif bertanya, beberapa orang justru dengan aktif mendatangi para peserta untuk mendapatkan kipas edukasi dan botol air yang disediakan. Meskipun lalu Lalang rute UROCARE yang dilewati pagi itu belum sepenuhnya ramai, seluruh kipas edukasi dan botol air yang disuguhkan berhasil habis dibagikan dalam waktu kurang dari 30 menit. Setelah itu, seluruh peserta diarahkan kembali ke hotel untuk menyantap camilan yang sudah disediakan.

Melihat antusiasme yang besar dari pada peserta dan masyarakat, kolaborasi antara Departemen Urologi dan IHWG perlu dilanjutkan untuk beragam rangkaian acara ilmiah selanjutnya. Dan semoga acara ini juga memberikan manfaat yang semakin besar dalam meningkatkan wawasan dan kesadaran pentingnya minum air putih untuk menjaga kesehatan ginjal dan seluruh tubuh! (/Uro)