Kelompok Kerja Hidrasi Indonesia atau Indonesian Hydration Working Group (IHWG), menggelar Lokakarya “Rencana Program Kerja” di Gedung Cyber 2, Kuningan, Jakarta, Mingu (25/1/2015). Acara dihadiri pengurus IHWG periode 2015/2019 dan sejumlah tamu undangan lainnya, diantaranya dari Kementerian Kesehatan dan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Ketua IHWG, Dr. dr. Budi Wiweko, Sp.OG(K), dalam kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk bersama-sama mendiskusikan dan memetakan arah dan tujuan IHWG lima tahun ke depan.

“Semua pengurus dari berbagai bidang dan satuan kerja memaparkan berbagai program dan rencana kerja mereka selama lima tahun ke depan. Di sinilah kami diskusikan lalu kemudian saling melengkapi untuk tujuan kemajuan IHWG, terutama lima tahun mendatang,” ujar dr. Budi.

IHWG sebut dr. Budi, akan menjadi sebuah pusat riset yang akan melakukan berbagai kegiatan penelitian dan pengembangan pengetahuan, khususnya mengenai hidrasi.

“Ada berbagai fokus kegiatan yang akan kami lakukan. Di sini ada konsen pendidikan, konsen training atau pelatihan dan penelitian mengenai hidrasi dan nutrisi yang sehat bagi masyarakat,” jelasnya.

Beberapa kegiatan prioritas IHWG yang akan dilakukan antaralain, berperan serta membantu pemerintah dalam menekan angka stunting atau tubuh pendek, perilaku hidup sehat dan bersih, juga berperan dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

“IHWG berusaha agar sejalan dengan program pemerintah. Dan saya kira di situ peran hidrasi dan nutrisi sangat besar. Oleh karena itu, semua program kami akan fokus untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan tujuan tersebut,” terang dr. Budi.

Senada, Direktur Bina Gizi Kementerian Kesehatan, Doddy Izwardy menegaskan, air bersih adalah salah satu komponen terpenting dalam hidup dan kehidupan manusia.

“Air yang diminum harus bersih dan aman, bebas dari kuman. Air tersebut akan berfungsi untuk melancarkan transportasi zat gizi dalam tubuh, mengatur keseimbangan cairan dan garam mineral dalam tubuh,” paparnya. (pio)

This slideshow requires JavaScript.