Beberapa tahun terakhir sosialisasi tentang kebutuhan air pada manusia semakin gencar dilakukan. Bahkan air merupakan salah satu pesan dalam pedoman gizi seimbang yang dikeluarkan Departemen Kesehatan yaitu “Biasakan Minum Air Putih Yang Cukup Dan Aman” (Depkes RI, 2014). Namun meski kebijakan air minum sudah semakin meningkat, akan tetapi sebagian masyarakat masih mengkonsumsi air dalam jumlah yang kurang dibandingkan dengan kebutuhannya. The Indonesian Hydration Regional Study (THIRST) mengungkap bahwa 46,1% subyek yang diteliti mengalami kurang air atau hipovolemia ringan. Hal tersebut bisa jadi dikarenakan masyarakat kurang mendapatkan akses informasi yang tepat mengenai hidrasi sehat.

Berdasarkan permasalahan di atas, maka dr. Dewi Friska, MKK dari Ilmu Kedokteran Komunitas FKUI yang juga merupakan anggota dari klaster riset Indonesian Hydration Working Group (IHWG) FKUI menginisiasi sebuah program pengabdian masyarakat “Jakarta Hidrasi Sehat 2017 Berbasis Android”. Program ini dianggap sangat penting dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat mengenai betapa pentingnya kebutuhan asupan air minum untuk mencegah dampak kekurangan air dan masalah kesehatan lainnya. Program ini dibentuk secara komunikatif, interaktif dan menarik dalam suatu aplikasi android sehingga diharapkan dapat menyedot perhatian masyarakat yang akan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan akan pentingnya air minum untuk mencegah dampak kesehatan yang ditimbulkannya. Program ini memiliki mitra kerjasama yaitu klaster riset Indonesian Hydration Working Group (IHWG) FKUI yang diharapkan dapat memaksimalkan promosi kesehatan pada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat akan betapa pentingnya kebutuhan air minum yang baik.

Aplikasi GAMES

Pembuatan aplikasi GAMES didasarkan pada pembuatan media edukasi pada program pengabdian masyarakat di tahun 2016. Gambar-gambar yang ada dalam aplikasi ini diambil dari template animasi pada Komik AMIR atau Komik Pentingnya Air Bagi Tubuh yang merupakan hasil dari Program Pengabdian Masyarakat Dokter Dewi Friska juga pada tahun 2016. Oleh karena itu, dipilihlah nama GAMES yang merupakan singkatan dari “ihwG AMir Education and Science” sebagai judul aplikasi android ini dengan asumsi karena akan lebih mudah diingat oleh pengguna aplikasi. Aplikasi GAMES ini berisi Komik; dengan materi sumber air minum, kualitas air minum, kebutuhan air minum manusia, dan status hidrasi; Indeks Massa Tubuh; artikel kesehatan; dan Quiz Dewasa yang dapat mengevaluasi pretest dan post-test pengguna sebelum dan sesudah membaca komik dalam aplikasi. Anak-anak dapat juga bermain dalam aplikasi di Menu Quiz Anak yang berisi permainan-permainan hidrasi yang diambil dari komik AMIR berupa permainan petualangan dan pengetahuan hidrasi anak.

Pengabdian masyarakat di lapangan diawali dengan Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi GAMES kepada kader-kader KDK FKUI Kayu Putih pada tanggal 13 Desember 2017. Pertemuan tersebut dihadiri oleh 21 kader. Pada kesempatan tersebut disampaikan mengenai latar belakang kegiatan pengabdian masyarakat ini serta rangkaian acara pelatihan yang akan dilakukan kepada kader. Perwakilan dari IHWG, dr. Diana Sunardi, M.Gizi, S.Gz menjadi narasumber dalam acara ini. Dokter Diana memberikan materi edukasi berjudul Pentingnya Air Bagi Tubuh beserta Keamanan Air. Dalam acara tersebut juga dibagikan Komik Pentingnya Air Bagi Tubuh sebagai media pendamping aplikasi kepada 21 kader yang hadir. Dokter Dewi Friska sebagai pengabdi utama menjelaskan mengenai latar belakang pembuatan komik serta apa saja konten komik yang notabene telah dimasukkan ke dalam aplikasi GAMES juga, jadi para kader dapat juga mengakses komik tersebut secara digital.

Kader-kader kesehatan yang dilibatkan dalam uji coba aplikasi ini berkontribusi untuk perbaikan aplikasi karena mereka diharapkan ikut serta menggunakan aplikasi ini untuk mempromosikan hidrasi sehat kepada masyarakat lain dan kepada keluarga mereka di lingkup Jakarta maupun Indonesia sehingga informasi mengenai hidrasi sehat akan menyebar ke seluruh Indonesia. IHWG akan membantu merekomendasikan aplikasi GAMES ini untuk dipatenkan dan diajukan ke Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Pada tahun 2018, tim pengabdi berencana melakukan kegiatan pengabdian masyarakat menggunakan aplikasi GAMES yang sudah disempurnakan kepada masyarakat yang sifatnya lebih luas lagi, sehingga pengembangan program aplikasi GAMES ini tidak terhenti sampai disini saja melainkan dapat mencapai tujuan utama dari program Pengabdian Masyarakat Jakarta Hidrasi Sehat 2017 Berbasis Aplikasi Android.